Baby Care Review: Disposable Diapers Sweety and Merries

Wah, sudah afdol jadi emak-emak nih kalo udah review popok bayi hahaha. Jadi, sekarang saya mau review tentang popok yang dipake sama bayi Qai so far.

Dulu waktu Qai brojol, saya gak langsung pakein dia pospak tapi pakai popok kain. Alasannya karena kalo pake popok kain, karena Qai masih “fresh from the oven” kulitnya masih sensitif banget. Takutnya kalau pakai pospak nanti dia iritasi. Terus sirkulasi udaranya juga lebih bagus kalo pakai popok kain dan gak nge-bekep pantatnya Qai terus menerus. Emang lebih ribet sih karena harus sering ganti popok karena bayi juga sering banget pipis. Terus saking seringnya pipis, sehari mungkin bisa sampe 10 kali ganti popok. Persediaan popok kain juga harus banyak dan Qai punya 40 popok kain di rumah. Kalau poop juga harus dicuci sampe bersih biar gak ninggalin bekas warna kuning. Gimana kalo pergi-pergi? Karena Qai dulu gak pernah pergi-pergi yang jauh, perginya juga nginep di tempat eyangnya doang jadinya ya gak terlalu ribet sih kalau pakai popok kain, tinggal dikumpulin aja terus dicuci besoknya kecuali kalau poop, harus dicuci hari itu juga.

Popok kain beda dengan cloth diaper atau clodi. Dan selama ini saya belum pernah tertarik untuk pakai clodi karena kayaknya ribet yah keluar masukin insert-nya itu, terus saya kurang suka modelnya yang terlihat menggembung, dan walaupun memang jauh lebih hemat dibandingkan pospak. Gak tau, kayak gak tertarik aja gitu.

Nah, Qai mulai pake pospak waktu umur 2 bulan. Waktu itu popok pertamanya Sweety Bronze Comfort isi 44 ukuran NB – S. Waktu itu niatnya beli pospak untuk dipake waktu pergi aja. Terus saya bilang ke mama (untuk urusan beli membeli mamaku yang selalu siap sedia, mamanya Qai tinggal jaga Qai sambil nunggu belanjaan dateng haha) untuk beli popok terserah mereknya apa yang penting pakai perekat bukan yang pants biar perut si bayi gak sesek sama dulu mikirnya biar perutnya gak ada bekas karet popok. Harganya kalau gak salah dulu Rp 42.000,00 an deh. Murah yah, soalnya dulu waktu ada diskon atau gimana gitu. Dan memang material Sweety Bronze ini kalau dipegang bunyinya kresek-kresek.

Waktu pakai popok ini, kalau Qai pipisnya sudah penuh, popoknya gak bulky, gak bocor ke samping, perekatnya juga kuat buat bungkus popoknya. 

Tapi, pernah waktu Qai poop, saya gak cepet deteksinya, saya buka popoknya dan poop-nyasudahkering gitu. Pantatnya Qai jadi bintil-bintil kecil merah karena iritasi. Saya langsung bersihin dan kasih diaper rash cream dari Mitu (beli 2 tisu basah Mitu dapet satu sachet kecil) dan bedak.

Setelah Sweety Bronze Comfort Qai habis, saya gak lagi beli Sweety versi bronze tapi masih tetep pake Sweety. Mama saya kemudian membeli Sweety Silver Comfort dan Sweety Comfort Gold karena lagi ada potongan harga. Semuanya masih ukuran S karena beratnya Qai masih di bawah 5 kg waktu itu. Lebih tinggi kasta, lebih bagus pula bahannya.

Kalau yang Silver Comfort, pad-nya berwarna hijau, permukaannya halus, gak bulky, perekatnya kuat, dan selama pakai popok ini, Qai gak pernah iritasi. Tapi pernah Qai poop banyak banget, poop-nya keluar ke samping.

Setelah yang silver habis, Qai pakai popok Gold Comfort. Popok yang satu ini oke punya lah. Pad halus dan bertekstur, perekatnya kuat, gak bulky, daya tampung banyak banget tapi tetep kering dan Qai gak pernah iritasi, poop banyak juga gak bocor kemana-mana. Yah namanya juga gold, pastinya paling bagus kalo dibandingin sama silver atau bronze. Tapi seinget saya, yang versi comfort ini gak ada indikator pipisnya.

Nah, sebelum popok yang silver habis, Qai dapet kado dari eyangnya buyutnya (adeknya eyang buyut dari mama saya) popok Merries Pants Good Skin yang ukuran M isi 34. Popok ini dipakai Qai setelah Sweety Gold habis. Karena ukurannya M, popoknya masih kegedean dikit buat Qai. Daya serapnya bagus, gak bikin ruam, poop aman, bahannya halus, tapi sayang karetnya agak kekencengan yah sampai ngejeplak bekas karet di perutnya Qai padahal ukurannya M.

Setelah Merries habis, berat badan Qai sudah naik jadi 6 kg. Qai dibeliin popok Sweety Silver Comfort ukuran M terus menerus. Nah, beberapa hari lalu setelah yang silver habis, Qai dibeliin Sweety Gold Pants. Popok ini juara! So far, saya paling suka Sweety yang ini. Mama saya bilang : mahal, hahahaha. Yaiyalah mahal, ada harga ada rupa. Popok ini tuh karetnya gak kekencengan dan gak bikin jeplak di perut baby Qai, permukaannya bertekstur gitu dan lembut banget, poop gak bocor, ada indikator pipis yang kalau penuh nanti indikatornya dari warna kuning berubah jadi hijau, terus di bagian belakang popok ada semacam perekat yang ujungnya warna biru untuk merekatkan popok yang digulung kalau sudah penuh. Dan yang penting gak bikin pantat Qai iritasi.

1499763165761

Well, saya jadinya cuma pernah coba popok Sweety berbagai versi mulai dari bronze sampai gold, yang tape dan pants, sama Merries yang pants. Kalau untuk coba merek lain sih kayaknya tergantung mama papa, haha soalnya engkong sama mami-nya Qai inilah yang beliin kebutuhan Qai selama ini. Mamanya Qai mah tinggal gendong-gendong Qai aja haha. Soalnya kalau sudah suka banget sama satu merek, saya susah buat coba merek yang lain. Jadi mungkin Qai akan tetep pakai Sweety selama hidupnya wkwkwk. Tapi gak menutup kemungkinan kalau coba merek lain dan ternyata sama bagusnya dengan Sweety.

Semoga review popok ini bisa membantu ibu-ibu yang lagi bingung merek popok apa yang bagus untuk si kecil ya bu. Tapi kan ya it depends on bayi masing-masing. Kalau bayi nyaman, ibu pun senang. 😊

Advertisements

2 thoughts on “Baby Care Review: Disposable Diapers Sweety and Merries”

  1. Halo bund, kita samaan. Aku juga suka banget sama sweety yg gold pants ini bund. Walaupun mahal tapi oke banget 👍🏻

    Like

    1. Hehe, iya aku juga suka banget moom, andaikan gratis yah mom hahahaha (mission impossible)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s